Thursday, December 24, 2009 | By: Rahmat Alkulaini K.

Perintah Dasar Linux

Perintah Dasar

Linux openSuSe


Beberapa perintah dasar Linux pada terminal :

1. su
untuk menjadi root yang paling tinggi, kemudian tekan enter ketik password anda
su
password
2. man man
untuk melihat sebagian perintah dasar pada terminal Linux openSuSe
man man
3. man
untuk mencari kegunaan dari suatu perintah dasar pada terminal Linux openSuSe
man mkdir
4. q
untuk keluar setelah melakukan perintah pada no.1 – no.2
q
5. man –help
untuk melihat sebagian dasar-dasar pada terminal Linux openSuSe
man --help
6. –help
untuk mencari kegunaan dari suatu perintah dasar pada terminal Linux openSuSe
mkdir --help
7.mkdir
untuk membuat direktory
mkdir aku
8. rmdir
untuk menghapus direktory
rmdir aku
9. mkdir -p
untuk membuat diektory secara beruntun
mkdir -p negara/ibukota/provinsi/kabupaten/kecamatan/kelurahan
10. rm -rf
untuk menghapus direktor yang terdapat isinya
rm -rf negara
11. touch
untuk membuat doc
touch /home/aku/Documents/aku.doc
12. cat
untuk melihat isi dari doc
cat /home/aku/Documents/aku.doc
13. vi
untuk mengedit doc
vi aku.doc jika telah berada pada folder tempat doc disimpan
vi /home/aku/Documents/aku.doc jika tidak pada folder tempat doc disimpan
14. cp
untuk mengcopy doc
cp /home/aku/Documents/aku /home/aku/Desktop
15. mv
untuk memindahkan file ke tempat lain
mv /home/aku/Documents/aku /home/aku/Desktop
16. mv
untuk menguah nama atau format dari suatu file
mv aku.doc kamu.doc
mv aku.doc kamu.txt
17. ls
untuk melihat perubahan pada folder/file untuk no.6 – no.15
ls
18. cd..
untuk kembali ke folder sebelumnya
cd..
19. cd
untuk kembali ke folder awal
cd
20. useradd
untuk menambah user[pengguna]
useradd aku
21. userdel
untuk menghapus user[pengguna]
userdel aku
22. groupadd
untuk menambah group[kelompok]
groupadd aku
23. groupdel
untuk menghapus group[kelompok]
groupdel aku
24. yast
untuk mengecek perubahan pada no.17 - no.22
yast

0 comments:

Post a Comment